Pertanyaan:

Assalamu Alaikum.

saya ingin bertanya apakah haram hukumnya bila salam non muslim dijawab, krna saya bingung ada yg bilang Haram hukumnya & ada yg bilang tdk.

mohon penjelasannya trima kasih

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Wa ba’du:

Pertama-tama perlu diketahui bahwa muslim tidak boleh memulai mengucap salam kepada non-muslim berdasarkan hadits Nabi saw, “Jangan memulai memberi salam kepada yahudi dan nasrani…” Inilah pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Sebagian kalangan (misalnya madzhab Ibnu Abbas) membolehkan memulai memberi salam jika memang ada kepentingan mendesak atau untuk menangkal bahaya. Yaitu dengan ucapan “Assalamu alaika”  untuk satu orang dan “Assalamu alaikum” untuk banyak orang. Hanya saja, menurut yang lain jika memang terpaksa harus memulai mengucap salam kepada non-muslim, sebaiknya ucapan salam yang diberikan adalah redaksi yang bersifat umum seperti selamat pagi dst.

Lalu bagaimana dengan menjawab salam mereka seperti pertanyaan Anda di  atas?
Rasulullah saw bersabda, “Jika ahlul kitab memberi salam kepadamu, jawablah, “Wa alaikum.” Lalu apakah boleh menjawab dengan ucapan “wa alaikumussalam”?  Syeikh Ibn Utsaymin membolehkan dengan alasan menyesuaikan dengan salam mereka. Yaitu ketika mereka mengucap “Assalamu alaikum.” Beliau mendasarkan pendapatnya pada ayat 86 dari surat an-Nisa secara umum. Hanya saja menurut pendapat jumhur, jawaban atas salam mereka cukup dengan redaksi pertama yaitu wa alaika atau wa alaikum.

Jadi kesimpulannya, boleh menjawab salam mereka. Namun sebaiknya dengan redaksi wa alaika atau wa alaikum.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

Sumber: Syariah Online (dengan sedikit editan)