Pertanyaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Ortu saya berhutang pada om saya sekitar 20 th yang lalu, jumlah nya 2 jt rupiah, namun karena belum mampu membayar maka hingga saat ini hutang tersebut masih. sebagai anak saya ingin melunasi hutang tersebut, namun kata istri om saya ia ingin dilunasi dengan harga 1/4 ha sawah. padahal pada saat hutang tidak ada perjanjian dilunasi dengan harga sawah, dan pembayaran hutang bisa diangsur ataupun kalau sudah mampu membayarnya. saya jadi bingung padahal kalau harus membayar dengan harga sawah kami ga mampu membayarnya. bagaimana jalan keluarnya. terima kasih.
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Selasa Januari 22, 2013 (Penanya: QIA REZQA – TEGAL)

Jawaban:

Bismillaahirahmaanirahiim,

Karena hutang maka wajib dibayar, kecuali pemilik piutang mengikrarkan pembebasan yang dihutangkannya. ketika tidak ada ikrar pembebasan, berarti masih hutang dan wajib dibayar. dan dibayar sesuai perjanjian ketika berhutang.

Wallaahu ‘alam.

Penjawab: Ustadz Bisri Haerudin – Tangerang