Pertanyaan:

Bismillahirahmani rahim..
assalamu’alaikum wr.wb.

Sebelumnya mohon Maaf pak ustadz saya mau brtanya tentang sah atw tdk nya mandi junub saya.. begini pak ustdz  sblm saya mandi junub saya suka mandi biasa untk membersihkan nazis dn ktoran yg ada d badan saya..memakai sabun dsb.. kemudian wudlu seprti mau solat tanpa membasuh ke 2 kaki..kemudian kembali berkumur,membasuh lubang hidung,membasuh muka dn ke 2 tangan,kemudian saya langsung menuangkan air ke kepala 3x sambil membaca niat mandi,lalu membasuh seluruh badan tp tanpa pakai sampo dn sabun mandi..stlh itu membasuh ke 2 kaki dn berdoa doa stlh wudlu..

Mhon bimbinganya..trimakasih..
(penanya: Hendi)

Jawaban:

waalaikum salam
insya Allaah syah. syahnya ibadah itu jika terpenuhi syarat dan rukunnya. syaratnya mandi seperti syarat ibadah yang lain; islam baligh, berakal. rukun mandi junub: 1.Niat dan 2. meratakan siraman air ke seluruh anggota badan (tentunya sambil membersihkan kotoran yang ada). yang alinnya tergolong sunnat (wudlu dulu, pakai sabun dan sampo, dimulai dari bagian atas dan sebelah kanan, dll)

afwan terlambat buka dan balas. semoga bermanfaat.wallaahu a’lam.

(penjawab: ustadz Bisri Haerudin – Tangerang)