Pertanyaan:

Oktober 2010

assalamu’alaikum

ustadz, bolehkah menyembelihkan Qurban yand diniatkan untuk orang lain? apa dalilnya?

Rahmat Hidayat – Yogya

Jawaban:

October 23 at 5:45am

insya Allah dibolehkan dengan berlandaskan dalil

hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam , ketika beliau ditanya
oleh seseorang tentang sedekah untuk ibunya yang telah meninggal dunia,apakah boleh saya bersedekah untuk ibuku?
maka Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam menjawab : ya, bersedekahlah untuknya . (HR.Bukhari),

” apakah ia akan mendapatkan pahala ,jika aku bersedekah
untuknya ? maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab : ya.(HR muslim)

Seorang wanita dari Khats`am bertanya, Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah mewajibkan hamba-nya untuk pergi haji, namun ayahku seorang tua yang lemah yang tidak mampu tegak di atas kendaraannya, bolehkah aku pergi haji untuknya ?.   Rasulullah SAW menjawab, ‘Ya’.  (HR Jamaah)

Dari Abdullah bin Abbas ra bahwa Saad bin Ubadah ibunya meninggal dunia ketika ia tidak ada ditempat, lalu ia datang kepada Nabi SAW unntuk bertanya:? Wahai Rasulullah SAW sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya? Rasul SAW menjawab: Ya, Saad berkata:  saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya?(HR. HR Bukhari)
Dari Abu Ayyub al Anshari radhiyallaHu ‘anHu, ia berkata,

“Dahulu seseorang pada zaman Nabi, seseorang menyembelih seekor kambing untuk dirinya dan keluarganya. Lantas mereka memakannya dan membagikannya kepada orang lain” (HR. Ibnu Majah dan at Tirmidzi dan beliau menshahihkannya)
Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam pernah menyembelih hewan kurban untuk umatnya. Dalam sebuah hadits shahih dijelaskan bahwa Rasulullah ShallallaHu ‘alayHi wa sallam berkata ketika akan menyembelih hewan kurban, “Dengan nama Allah, Ya Allah terimalah dari Muhammad dan dari keluarga Muhammad dan dari umatnya Muhammad” (HR. Muslim)

ustadz Ismeidas Makfiansah – Jakarta